Featured Posts

04 March 2010

Pemanfaatan Teknologi di Sekolah


setiap sekolah mungin mempunyai persoalan atau permasalahan yang spele tapi rumit untuk
dipecahkan. ya... mengenai kedisiplinan.


untuk menumbuhkan rasa atau sikap di sekolahku, maka pihak sekolah menyelenggrakan
sistem absensi dengan cara sidik jari.

Setiap orang (warga sekolah), termasuk siswadan guru selalu mengabsensi pada waktu masuk sekolah (check-in) dan waktu keluar sekolah (check-out). Sehingga setiap personal akan diketahui kapan ia masuk dan kapan ia keluar dengan waktu seakurat mungkin.

Mungkin sahabat netter mengetahui, bahwa setiap orang itu pasti memiliki perbedaan.
tidak ada satu manusiapun yang sama. jikalau pun ada, tapi itu hanya mirip saja. seperti anak kembar.

Termasuk sidik jari, semua orang pasti akan memiliki sidik jari yang berbeda pula. sehingga apabila seseorang ingin berbuat nakal, ingin mewakilkan atau meminta temanya untuk mengabsen dirinya, itu pasti akan terjadi kesalahan "not valid" atau "failed" atau tidak match (sesuai) antara ID dengan sidik jari.

Pasti anda atau sahabat netter bingung, mengapa tidak match atau tidak sesuai??
sebelumnya semua siswa dikumpulkan dan mengantri di ruangan SIM (Sistem Informasi Manajemen) untuk melakukan registrasi atau pendaftaran sesuai dengan absen di kelasnya.
Mula-mula siswa/guru akan diberikan absen/ID untuk alat sidik jari tersebut, kemudian salah satu jari tangan siswa/guru dimasukan ke alat tesebut untuk mengetahui struktur dari sidik jari tersebut. setelah di verifikasi dan cocok, maka akan dilakuan percobaan (trying) apakah sesuai antara ID dan sidik jari.

Di sekolahku tersedia 5 (lima) alat absensi sidik jari yang tersebar di berbagai penjuru seklah. ini bertujuan agar tidak atau mengurangi terjadinya (orang-orang) mengantri terlalu lama untuk melakukan pengabsensian sidik jari tersebut.

Nah itu adalah salah satu cara untuk mengantispasi ke alpahan siswa ketika jam pembelajaran berlangsung. Serta diharapkan akan meningkatkan tingat kedisplinan semua siswa. mudah-mudahan...



-end post-

4 comments: on "Pemanfaatan Teknologi di Sekolah"

Unknown said...

uckh.....fasilitas SMK N 1 Ciamis memang bagus,.sudah tersedia alat untuk mengabsen dengan sidik jari. dengan itu proses absensi akan lebih efektif..

dau, said...

ayo pencet-pencet...........
jagalah jari mu agar tetap bisa mengabsen di smk ini..
wkwkwkwkwkw....

Earlan said...

wah, sekolahnya hebadh. kalok mw bolos, tetel dulu kulit, lalu suruh nempelin temen d alat itu. jd na klihatan masuk terus kyk film ap itu aq lupa

English Club said...

tapi kenapaaa q tak pernah bisa check-in or check-out, jari q tak d trimaaaaaaaaa

Post a Comment